FUNGSI MASING-MASING HARDWARE

Pentium 4 adalah mikroprosesor generasi ketujuh yang dibuat oleh Intel dan dirilis secara resmi pada tanggal 20 November 2000, meneruskan prosesor Pentium III. Nama perkenalan generasi awalnya adalah Willamette, kemudian dikembangkan kembali dengan nama perkenalan Northwood, Prescott, dan Cedar-Mill.

  1. Processor

IMG_20160322_110050

Gamabar : Processor

Processor disebut juga otak dari komputer, yang bertugas memproses perintah dan logika yang diberikan oleh operator computer, semakain tinggi otak komputer semakin mahal pula harga komputer. Fungsinya adalah untuk memproses kegiatan yang dilakukan komputer. Misal kita membuka progam Adobe Photoshop CS6, maka processorlah yang menjalankan semuanya itu. banyaknya jenis processor yang ada sebanding dengan software yang berkembang dipasaran kerena dituntut untuk dapat melakukan banyak perkerjaan salam satu waktu terkadang pemilihan processor yang kita gunakan harus tepat, karena jika sampai salah pilih akan berimbas pada lambatnya proses kerja sebuah komputer yang pasti berimbas langusng pada pekerjaan pengguna komputer.

2. Motherboard

IMG_20160322_110248_HDR

Gambar : Motherboard

Motherboard yaitu tempat berbagai komponen yang saling berhubungan satu komponen dengan komponen yang lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Motherboard ini yang bisa membuat komputer bisa bekerja, kalau salah menyambungkan atau salah memasang bisa mengakibatkan tidak bisa berjalannya computer. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing. Didalam Motherboard umumnya terdapat beberapa slot dan fasilitas untuk prosesornya. ini penting jika ingin merakit sebua komputer, karena kita wajib mengetahui spesifikasi atau fasilitas apa saja yang terdapat dalam motherboard kita, apakah menggunakan jenis prosesor slot, soket, atau yang terbaru yakni Lga. Itupun kita musti tau juga prosesor tipe apa yang sekiranya memang mendukung untuk dapat dipasangkan kedalam motherboard kita, fasilitas lain seperti pengkabelan sudah menggunakan SATA atau masih IDE, Fasilitas PCI, Berapa port yang Onboard, Slot memori mendukung memori apa, itu penting untuk diketahui.

3. Hardisk

IMG_20160322_105325_HDR

Gambar : Hardisk

 

 

Hardisk berfungsi untuk menyimpan semua data di dalam komputer. Saat ini kapasitas hardisk paling tinggi 1 TB, yang lebih besar dari 1 TB ada tapi masih sulit untuk mencari ditoko komputer. Semakin besar kapasitas hardisk semakin bagus tentunya, dan bisa menyimpang lebih banyak data yang kita inginkan. Sebelum membeli hard disk kalian harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.

4. Floppy Disk

IMG_20160322_105415_HDR

Gambar : Floppy disk

Floppy disk atau sering di sebut disket adalah tempat penyimpanan data dengan kapasitas kecil yang biasa di bawa kemana-mana,bentuknya segi empat dan di dalamnya terdapat piringan hitam yang terbuat dari plastic dan dapat menampung data sekitar 1,4Mb ukurannya 3 ½ inch. Floppy Disk memiliki sejumlah kapasitas 320KB 360KB, 1,2MB dengan ukuran fisik 5,25 Inchi. Sedangkan kapasitas 720KB, 1,44MB, dan 2,88MB dengan ukuran fisik 3,5 Inchi. Tapi saat ini sudah jarang orang-orang menggunakan Floppy Disk untuk menyimpan data.

5. Power Supply

IMG_20160322_105629_HDR

Gambar : Power Supply

Ibarat sebuah mobil yang tidak bisa berjalan jika tidak memiliki bahan bakar, maka sebuah komputer pun tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki power supply atau PSU (Power Supply Unit) ini. Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya dengan terlebih dahulu merubah arus AC yang dikeluarkan listrik pada umumnya kedalam arus DC yang dibutuhkan motherboard, tanpa itu bila langsung dihubungkan maka komputer kemungkinan besar akan terbakar.

6. Casing

IMG_20160315_115409

Gambar : Casing dan Monitor

Casing yaitu tempat untuk penyimpanan hardisk, memory, power supply, floppy disk, motherboard, processor dan lain sebagainya dan bisa menghubungkan mouse serta keyboard. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan MicroATX).

7. Memori Atau RAM

IMG_20160322_105429_HDR

Gambar : RAM

 Memori Atau Random Aces Memori (RAM) merupakan sebuah memori proses. Guna dari memori ini adalah sebagai alat untuk memproses data. Ukuran memori RAM tidak sebesar memori penyimpanan atau harddisk. RAM hanya berukuran dari mulai yang masih ada sekitar 32 MB s/d yang terbaru 8 GB. Ini juga penting jika kita ingin komputer full multimedia ataupun bersistem operasi yang terbaru karena selain membutuhkan prosesor yang tinggi, komputer full multimedia juga membutuhkan harddisk, grafis, dan RAM yang tinggi. Program multimedia dan sistem operasi terbaru umumnya selain akan memakan harddisk yang besar juga membutuhkan media proses atau RAM yang besar juga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s